Tren Perkembangan Produksi Kedelai

By. Eka Sari - 22 Sep 2023

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Perkembangan produksi kedelai di Indonesia merupakan bagian dari aspek ekonomi bisnis yang mencakup pertanian dan produksi pertanian. Kedelai adalah salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia.

Produksi kedelai Indonesia mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir. Pada jangka waktu lima tahun terakhir produksi kedelai nasional terlihat menghawatirkan karena terus menurun cukup signifikan. Pada tahun ini, proyeksi kedelai yang dihasilkan dari dalam negeri mencapai 613,3 ribu ton, turun 3,01 persen dari tahun lalu yang mencapai 632,3 ribu ton dan produksi kedelai Indonesia diperkirakan kembali turun turun 3,12 persen menjadi 558,3 ribu ton pada 2024.

Baca juga: Statistik Kedelai di Indonesia

Kementerian Pertanian Penurunan produksi kedelai nasional lima tahun terakhir merupakan dampak negatif dari persaingan penggunaan lahan dengan komoditas lain dan terjadinya transformasi lahan yang tidak bisa dihindari karena tuntutan ekonomi dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi. Fakta ini ternyata menggerus luas panen kedelai lima tahun terakhir turun rata-rata 11,97% per tahun. Penurunan luas panen kedelai secara nasional cukup signifikan terjadi tahun 2017 dan 2019 sebesar 38,34% dan 42,20%, dari tahun 2015 seluas 614,10 ribu hektar di tahun 2019 tinggal hampir setengahnya yaitu seluas 285,27 ribu hektar

Selain itu penggunaan teknologi pertanian yang belum modern menjadi dampak negatif turunnya produksi kedelai di Indonesia. Faktor alam sepeti cuaca iklim sangat mempengaruhi, apalagi kedelai adalah tanaman yang tergantung dengan faktor cuaca dan iklim.

Buruknya sistem perdagangan di Indonesia menyebabkan melonjaknya harga kedelai. Pemerintah di desak untuk mengatur impor dan perdagangan kedelai untuk menstabilkan harga dan melindungi petani. Harga kedelai impor di Indonesia beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan, mencapai kisaran Rp 8.000 per kilogram. Harga kedelai di Indonesia seringkali lebih tinggi dibandingkan harga pasar internasional, sehingga impor lebih menguntungkan bagi produsen di Indonesia. Produksi kedelai di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan kebutuhan sehingga masih perlu mengimpor kedelai.

Baca juga: Perkembangan Sektor Pertanian di Kota Semarang

Kebijakan pemerintah Indonesia, seperti insentif kepada petani atau program bantuan untuk pertanian kedelai, dapat memengaruhi produksi dan pemerintah telah meningkatkan produksi kedelai sejak tahun 1962 melalui dua komponen utama: perluasan produksi dan intensifikasi. Namun kedelai di Indonesia masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan masih bergantung pada impor kedelai.

Ringkasnya, produksi kedelai di Indonesia mengalami fluktuasi dan penurunan dalam beberapa tahun terakhir dan Indonesia masih mengandalkan impor kedelai untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, khususnya bahan pangan berbahan dasar kedelai seperti tempe dan tahu. Sistem perdagangan yang buruk di Indonesia telah menyebabkan lonjakan harga kedelai, dan pemerintah didesak untuk mengatur impor dan perdagangan kedelai untuk menstabilkan harga dan melindungi petani. Harga kedelai di Indonesia seringkali lebih tinggi dibandingkan harga pasar internasional, sehingga impor lebih menguntungkan bagi produsen di Indonesia. Produksi kedelai di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan kebutuhan sehingga masih perlu mengimpor kedelai.

Perkembangan produksi kedelai di Indonesia merupakan bagian dari aspek ekonomi bisnis yang mencakup pertanian dan produksi pertanian. Kedelai adalah salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia.

Baca juga: Peluang Usaha Budidaya Kedelai

Perkembangan, produksi, kedelai lokal, Indonesia, aspek ekonomi bisnis, pertanian, produksi pertanian, komoditas pertanian, harga pasar interbnasional, kebutuhan, impor kedelai, bahan baku, fluktuasi harga, tempe tahu.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp