8 Manfaat Komsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan

By. Dewi S. - 05 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Tuna adalah ikan laut yang berkerabat dekat dengan makarel, dan memiliki banyak jenis, seperti tuna sirip biru dan cakalang. Ikan ini merupakan sumber protein yang sangat baik. Tuna juga sangat rendah kalori, sehingga menjadikannya sebagai makanan yang ideal bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

 

Berikut ini adalah 8 manfaat Kesehatan yang akan kalian dapat jika rutin menginsumsi ikan tuna: 

 

1.    Mencegah Gangguan Jantung
Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada daging tuna dapat mengurangi kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Omega-3 dapat melancarkan fungsi peredaran darah ke seluruh tubuh. Asupan omega-3 secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

 

Baca juga: Resep Simple Sambal Udang yang Lezat dan Pedas

 

2.    Menurunkan Tekanan Darah
Tuna memiliki kandungan kalium yang baik yang membantu pengaturan tekanan darah. Kalium, bersama dengan omega-3 akan menghasilkan efek anti-inflamasi. Dengan demikian, tuna dapat menurunkan tekanan darah, risiko stroke dan serangan jantung.

 

3.    Membantu Perkembangan Otak
Daging tuna mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Hal ini juga dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi gangguan memori pada penderita Alzheimer.

 

4.    Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam tuna, seperti mangan, selenium, vitamin c dan seng sangat penting untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Tuna adalah pilihan yang tepat untuk sumber mikronutrien ini. Tuna juga memiliki antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas untuk mencegah infeksi dan mengontrol metabolisme pada tingkat sel.

 

Baca juga: Cabai Ternyata Ikut Menyumbang Inflasi Dalam Negeri

 

5.    Mencegah Gangguan Mata
Asam lemak omega-3 pada daging tuna juga dapat mempertajam penglihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Asam lemak ini secara efektif dapat mencegah penurunan fungsi penglihatan mata.

 

6.    Mengurangi Risiko Kanker
Ikan tuna mengandung omega-3 dan juga antioksidan yang sangat penting untuk membatasi pertumbuhan dan perkembangbiakan sel tumor. Oleh karena itu, konsumsi Tuna secara teratur dapat mengurangi risiko kanker.

 

7.    Membantu dalam Manajemen Berat Badan
Tuna penuh dengan protein, nutrisi dan rendah kalori dan lemak. Hal ini dapat membantu membuat kalian kenyang untuk waktu yang lama. Tuna juga akan menyeimbangkan asupan kalori tubuh Anda, sehingga berat badan dapat diatur dari asupan kalori yang masuk. 

 

8.    Meningkatkan Kesehatan Tulang
Nutrisi lain yang terkandung dalam Tuna adalah vitamin B, vitamin D dan antioksidan. Vitamin B dan Vitamin D membantu memperkuat tulang Anda dan mencegah patah tulang. Vitamin D juga membantu meningkatkan penyerapan banyak mineral penting dalam tubuh.

 

Baca juga: Penduduk Bertambah! Apakah Permintaan Cabai Bertambah?








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp