5 Perbedaan Ikan Cakalang dan Ikan Tongkol, Sudah Tau??

By. Dewi S. - 08 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Ikan tongkol dan ikan cakalang adalah jenis ikan laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sering dikonsumsi sebagai makanan. Ikan cakalang dan ikan tongkol sudah umum didengar oleh masyarakat Indonesia, dan keduanya memang terlihat mirip. Namun, ikan tongkol dan ikan cakalang adalah dua jenis ikan yang berbeda, loh. 


Berikut adalah beberapa perbedaan antara ikan cakalang dan ikan tongkol yang perlu kamu ketahui:


1. Nama ilmiah dan klasifikasi
Ikan Cakalang memiliki nama ilmiah Katsuwonus pelamis dan merupakan ikan yang termasuk dalam famili Scombridae. Sedangkan, nama ilmiah Ikan Tongkol yang sering ditangkap di Indonesia adalah Auxis thazard atau Euthynnus affinis, dimana ikan ini juga termasuk dalam famili Scombridae.

 

Baca juga: Resep Simple Sambal Udang yang Lezat dan Pedas


2. Bentuk tubuh
Cakalang memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang dengan punggung berwarna biru metalik atau kehijauan dan sisi perut berwarna perak. Sedangkanya bentuk tubuh Ikan Tongkol biasanya lebih pendek dan gemuk dengan punggung berwarna biru keabu-abuan dan sisi perut berwarna perak.


3. Bentuk Sirip
Ikan Cakalang memiliki sirip ekor yang bercabang (bifurcated) dan sirip punggung yang panjang. Sementara itu, sirip ekor Ikan Tongkol tidak bercabang (non-bifurcated) dan sirip punggung yang lebih pendek.

 

Baca juga: 8 Manfaat Komsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan


4. Ukuran Ikan
Ukuran Ikan Cakalang dapat mencapai panjang sekitar 1 meter dan berat sekitar 10-15 kilogram. Sedangkan Ikan Tongkol biasanya lebih kecil dari Ikan Cakalang, dengan ukuran panjang sekitar 40-60 cm dan berat sekitar 2-5 kilogram.


5. Habitat atau Persebaran
Ikan Cakalang umumnya ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Ikan Tongkol dapat ditemukan juga di perairan tropis dan hangat di berbagai wilayah, termasuk Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Laut Tengah.

 

Terlepas dari perbedaan tersebut, Ikan Cakalang dan Ikan Tongkol sudah banyak diolah oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena bentuk dan rasa dagingnya yang mirip, pemanfaatan ikan tongkol dan ikan cakalang hampir sama. Ikan Cakalang dan Ikan Tongkol sering digunakan sebagai bahan baku dalam produksi makanan olahan seperti ikan kaleng, steak ikan, atau untuk dikeringkan.

 

Baca juga: 6 Tips Simpan Tuna Agar Tidak Cepat Basi








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp