6 Manfaat Konsumsi Ikan Teri yang Harus Kamu Tau

By. Dewi S. - 13 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Ikan Teri merupakan salah satu ikan konsumsi yang kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin dan mineral. Nutrien – nutrien ini memiliki peran penting untuk membantu menjaga Kesehatan tubuh kita. Ikan teri juga mengandung beberapa zat penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, and sodium. Selain itu, ikan teri merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung berbagai macam vitamin seperti B12, B6, B2, A, E, K thiamine, selenium dan niacin.


Manfaat lain yang dapat kita peroleh dari konsumsi ikan teri adalah:


•    Jantung yang Sehat
Ikan teri kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat mengurangi level trigliserida, dimana lemak tersebut merupakan lemak yang akan menumpuk pada saluran pembuluh darah apabila dibiarkan. Oleh karena itu, konsumsi ikan teri secara rutin dapat mengurangi resiko stoke dengan memperlambat proses penggumpalan pembuluh darah.

 

Baca juga: Kenali Ciri Fisik Kerapu Macan

 

•    Menjaga Tiroid Tetap Sehat
Ikan teri mengandung 31 mikrogram selenium, dimana kebutuhan harian selenium untuk remaja dan dewasa adalah 55 mikrogram. Penelitian dari tahun 1990 menegaskan bahwa selenium merupakan bagian dari enzim yang dapat mengaktifkan tiroid. Penelitian lain juga menerangkan bahwa kekurangan selenium dalam tubuh dapat menyebabkan masalah atau penyakit pada tiroid.

 

•    Mata yang Sehat
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dapat mengurangi resiko penurunan atau degenerasi makula yang dapat menyebabkan hilangnya sebagian penglihatan.  

 

Baca juga: Mari Mengenal Ikan Layur

 

•    Mencegah Alzheimer
Ilmuwan dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering memakan makanan kaya omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang rendah. Protein beta-amyloid merupakan protein yang biasa ditemukan pada penderita Alzheimer. Mengonsumsi ikan teri yang mengandung asam lemak baik omega-3 akan membantu dalam mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

 

•    Membantu penurunan Berat Badan
Ikan teri merupakan salah satu ikan konsumsi yang memiliki jumlah protein cukup tinggi dan juga rendah kalori, dimana ini pilihan yang bagus untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya. Kadar protein yang tinggi dalam makanan yang kita konsumsi dapat membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan terlalu banyak. Selain itu, adanya protein juga dapat menekan produksi hormon ghrelin atau hormon yang memberi rasa lapar.  

 

•    Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan vitamin, mineral dan protein yang ada dalam ikan teri memungkinkan adanya banyak manfaat Kesehatan yang dapat kita peroleh, termasuk terbentuknya struktur tulang yang kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Manfaat ini dapat kita perleh karena ikan teri juga mengandung vitamin A dan kalsium yang membantu memperkuat tulang.

 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Ikan Teri








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp