Ini Dia Beberapa Perbedaan Tuna Sirip Biru dan Sirip Kuning

By. Dewi S. - 14 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Ikan Tuna sirip biru dan Tuna sirip kuning merupakan spesies ikan tuna yang termasuk dalam famili Scombridae. Tuna sirip biru memiliki nama latin Thunnus thynnus, sedangkan tuna sirip kuning memiliki nama latin Thunnus albacares. Perbedaan yang dapat kita lihat jelas antara dua jenis tuna ini adalah warna kuning terang pada gurat sisi dan sirip punggung kedua yang ada di tuna sirip kuning, sedangkan tuna sirip biru memiliki warna campuran abu-abu dan kuning pada sirip punggung keduanya. Namun bukan hanya warna saja yang membedakan kedua tuna ini, keduanya memiliki perbedaan tampilan fisik, habitat dan rasa dagingnya pun berbeda. 

 

Baca juga: Kandungan Nutrisi Ikan Sarden


Tuna sirip biru merupakan jenis tuna terbesar yang ada di laut lepas. Ada dua jenis tuna sirip biru yang dikenal, yaitu tuna sirip biru pasifik dan tuna sirip biru atlantik. Tuna sirip biru dapat tumbuh hingga mencapai berat 680 kg. ikan ini termasuk ikan yang melakukan migrasi sehingga dapat ditemukan di samudera-samudera seluruh dunia. Ikan tuna sirip kuning termasuk ikan yang cukup besar, namun masih lebih kecil ukurannya bila dibandingkan dengan tuna sirip biru. Ikan ini banyak tersebar di perairan tropis dan subtropis karena menyukai perairan yang lebih hangat. Tuna sirip kuning disebut juga sebagai ikan ‘ahi’ yang diambil dari Bahasa Hawaii. 

 

Baca juga: Pemanfaatan Tinta Cumi-Cumi bagi Manusia


Untuk merangkumnya, berikut perbedaan fisik antara tuna sirip biru dan tuna sirip kuning:
1.    Sirip dada tuna sirip biru panjangnya tidak  mencapai sirip punggung keduanya, sedangkan tuna sirip kuning memiliki sirip dada yang lebih panjang.
2.    Tuna sirip biru memiliki bagian bawah tubuh yang berwarna perak dengan garis tidak rata, sedangkan tuna sirip  kuning memiliki bagian bawah tubuh berwarna perak dan garis gurat sisi yang berwarna kuning cerah.
3.    Sirip punggung kedua tuna sirip biru memiliki warna campuran antara abu-abu dan kuning, sedangkan tuna sirip kuning memiliki sirip punggung kedua yang bewarna kuning cerah.
4.    Ekor tuna sirip biru berwarna biru gelap, sedangkan ekor tuna sirip kuning adalah kombinasi warna kuning dan abu-abu.

 

Baca juga: 6 Hidangan Laut dari Berbagai Negara








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp