Ini Dia 5 Manfaat Kecap Manis untuk Makanan

By. Dewi S. - 20 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Manfaat kecap selain menciptakan rasa manis pada makanan, juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Pasalnya, kecap asin terbuat dari kacang kedelai hitam yang kaya akan nutrisi. Yuk kita bahas satu persatu manfaat kecap.

Di Indonesia, ada dua jenis kecap yang cocok untuk masakan, yaitu kecap asin dan kecap manis. Keduanya merupakan hasil fermentasi  kedelai hitam dan jamur Aspergillus.

Bedanya, kecap manis ditambah gula jawa dan konsistensinya lebih kental, sedangkan kecap asin ditambah garam atau ekstrak ikan laut dan konsistensinya lebih encer. Di masa lalu, kecap merupakan bahan tambahan yang digunakan sebagai pengganti garam dalam masakan Cina.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Kelebihan Kemasan Retort Makanan

 

Kedelai dikenal sebagai makanan kaya protein. Oleh karena itu, olahan kedelai seperti kecap manis atau kecap asin juga banyak mengandung protein. Selain protein, kecap juga mengandung lemak, natrium, karbohidrat, gula, serat, kalsium, dan zat besi. Namun kecap biasanya digunakan dalam jumlah sedikit sehingga manfaatnya bagi tubuh tidak terlalu besar. Meski hanya menggunakan sedikit saja, kamu tetap bisa merasakan manfaat kecap untuk kesehatan, seperti di bawah ini:

1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Kecap memiliki efek yang baik pada sistem pencernaan. Mengonsumsi kecap dikatakan dapat memicu asam lambung. Cairan lambung yang dikeluarkan membunuh mikroorganisme penyebab gangguan pencernaan.  Selain itu, kecap juga mengandung isoflavon yang mampu meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS), seperti sakit perut. Soalnya, kandungan isoflavon pada kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

2. Mengurangi Gejala Menopause

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kedelai yang digunakan sebagai bahan dasar kecap mengandung isoflavon. Isoflavon merupakan senyawa tumbuhan yang hanya terdapat pada kacang-kacangan yang memiliki fungsi mirip dengan hormon estrogen. Karena kandungan isoflavonnya, kecap  dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, mudah tersinggung dan depresi. Namun manfaat kecap  ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Pencegahan Osteoporosis

Tidak hanya susu yang bisa mencegah osteoporosis, tapi juga kedelai yang difermentasi, seperti kecap. Namun, manfaat ini bisa Kamu peroleh dengan menambahkan kecap asin ke produk kedelai lain seperti tempe atau tahu dan mendapatkan isoflavon, bukan?

 

Baca juga: Ini Dia Teknologi Retort, Inovasi Pengemasan Makanan yang Praktis

 

4. Mencegah Kanker

 Menurut penelitian, mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai yang difermentasi, seperti kecap, dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Khasiat kecap yang diyakini bermanfaat karena kandungan antioksidannya yang berperan penting dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

5. Meredakan Batuk

Banyak orang yang percaya bahwa kecap mampu menyembuhkan batuk. Faktanya, konsumsi kecap saja tidak bisa meredakan batuk. Jika kamu tetap ingin menggunakan kecap untuk mengobati batuk, kamu bisa mencampurkannya dengan 1 buah jeruk nipis.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang membantu tubuh melawan infeksi, termasuk infeksi virus penyebab batuk, dan mempercepat pemulihan penyakit. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan campuran kecap dan jeruk nipis untuk meredakan batuk dan gejala terkait lainnya.

Meski kecap memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun konsumsi produk fermentasi kedelai ini tidak boleh berlebihan. Soalnya, kecap asin mengandung natrium yang cukup tinggi. Alih-alih menjaga kesehatan tubuh, terlalu banyak mengonsumsi kecap justru bisa menyebabkan hipertensi dan memicu penyakit jantung, bahkan stroke. 

Selain itu, kecap manis juga mengandung banyak gula, sehingga  penderita diabetes sebaiknya membatasi penggunaan bahan tambahan makanan berwarna gelap ini.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Proses Pengemasan Retort Pada Makanan

 

Beberapa orang mungkin alergi terhadap kedelai. Jika kamu memiliki alergi kedelai, kecap tidak dianjurkan. Begitu pula bagi mereka yang alergi gluten atau gandum, karena beberapa kecap mengandung gluten dan gandum.  Itulah beberapa manfaat kecap baik manis maupun gurih. Meski manfaatnya berlipat gkamu, Kamu tetap perlu mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp