7 Manfaat Konsumsi Ikan Cakalang bagi Kesehatan

By. Dewi S. - 27 Mar 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Mengonsumsi cakalang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan karena komposisi nutrisinya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial yang terkait dengan mengonsumsi ikan cakalang:

 

1.    Membangun dan Memperbaiki Jaringan
Ikan cakalang merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik, yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Protein juga membantu mengatur hormon dan enzim dalam tubuh.

 

Baca juga: Ini Dia 7 Jenis Kecap yang Harus Kamu Tau


2.   Sumber Asam Lemak Omega-3
Cakalang, seperti spesies tuna lainnya, kaya akan asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, mendukung kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kesehatan kulit.


3.    Kesehatan Jantung
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan cakalang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak ini telah terbukti menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal.


4.    Fungsi Otak
Asam lemak omega-3 dalam ikan cakalang, terutama DHA, memainkan peran penting dalam kesehatan dan perkembangan otak. Asam lemak ini penting untuk fungsi kognitif, daya ingat, dan dapat membantu mengurangi risiko penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan gangguan neurodegeneratif.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Jenis Shoyu, Kecap Asin Jepang


5.    Menjaga Fungsi Saraf
Ikan cakalang merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik, yang diperlukan untuk produksi sel darah merah, sintesis DNA, dan fungsi saraf yang baik. Asupan vitamin B12 yang cukup penting untuk menjaga tingkat energi dan mendukung sistem saraf yang sehat.


6.    Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh
Ikan cakalang merupakan sumber selenium, mineral yang memiliki sifat antioksidan. Selenium berperan penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh, kesehatan tiroid, dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.


7.    Menjaga Berat Badan
Cakalang rendah kalori dan lemak, menjadikannya pilihan yang baik bagi individu yang sedang menjaga berat badan atau mencoba mempertahankan komposisi tubuh yang sehat. Ikan ini menyediakan sumber protein tanpa lemak yang memuaskan, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori.

 

Penting untuk dicatat bahwa meskipun cakalang menawarkan banyak manfaat kesehatan, penting juga untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang karena potensi adanya merkuri. Wanita hamil dan anak kecil disarankan untuk membatasi konsumsi beberapa jenis tuna, termasuk cakalang, untuk mengurangi paparan merkuri.

 

Baca juga: 10 Fakta Unik Kecap yang Harus Kamu Tau








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp