Inilah 5 Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Alot

By. Dewi S. - 04 Apr 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Sebagai kuliner yang lezat, cumi-cumi menawarkan pengalaman bersantap yang menyenangkan. Dagingnya yang putih dan lembut memiliki rasa yang sedikit manis dan lembut. Baik dinikmati sebagai cumi goreng tepung, dipanggang, ditumis, atau dimasukkan ke dalam hidangan seperti sushi dan ceviche, keserbagunaan cumi-cumi di dapur tak tertandingi. 


Saat diolah menjadi cumi goreng tepung yang renyah, cumi-cumi ini memikat selera dengan eksteriornya yang berwarna cokelat keemasan dan renyah, memberikan kontras yang memuaskan dengan bagian dalamnya yang lembut. Cumi bakar, dengan aroma berasap dan teksturnya yang lezat, memberikan taburan rasa yang menyenangkan. Dalam tumisan dan kreasi gurih lainnya, cumi-cumi menambahkan esensi makanan laut dan menyerap bumbu dengan baik.

 

Baca juga: Resep Sajian Nasi Goreng Cumi yang Menggugah Selera


Melunakkan daging cumi-cumi sangat penting untuk memastikan dagingnya tetap empuk dan tidak kenyal saat dimakan. Berikut adalah beberapa metode untuk membantu mengempukkan daging cumi:


1.    Memasak dengan lembut
Cumi-cumi memiliki daging yang dapat menjadi keras dan kenyal jika dimasak terlalu lama. Untuk menjaga kelembutannya, penting untuk memasak cumi dengan cepat di atas api besar atau menggunakan metode memasak yang lembut seperti menumis. Hindari memasak dalam waktu lama atau suhu tinggi yang dapat menyebabkan cumi-cumi menjadi keras.


2. Rendam dengan Asam
Merendam cumi-cumi dalam bahan makanan yang asam dapat membantu mengempukkan daging. Bahan-bahan asam seperti air perasan lemon, air perasan jeruk nipis, atau cuka dapat memecah protein dalam cumi-cumi, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih empuk. Rendam cumi-cumi selama sekitar 15 hingga 30 menit sebelum dimasak.


3. Marinasi Enzimatis
Kalian juga dapat menggunakan enzim pengempuk alami yang terdapat pada buah-buahan seperti pepaya, nanas, atau kiwi. Buah-buahan ini mengandung enzim (papain dan bromelain) yang memecah protein dan dapat membantu mengempukkan cumi-cumi. Haluskan buah dan gunakan sebagai bahan perendam cumi-cumi selama sekitar 15 hingga 30 menit sebelum dimasak.

 

Baca juga: 4 Perbedaan Cumi dan Sotong yang Harus Kamu Tau


4. Melunakkan dengan Garam
Mengasinkan cumi-cumi sebelum dimasak dapat membantu mengeluarkan kelembapan berlebih, yang dapat berkontribusi pada tekstur yang lebih empuk. Taburkan garam di atas cumi-cumi dan diamkan selama sekitar 15 hingga 30 menit. Bilas sisa garam sebelum dimasak.


5. Jangan Terlalu Banyak Mengaduk
Saat memasak cumi-cumi, hindari mengaduknya terlalu sering karena hal itu dapat mengeraskan dagingnya. Aduk cumi dengan perlahan selama memasak untuk menjaga kelembutan dagingnya.

 

 

Ingat, cumi-cumi matang dengan sangat cepat, dan memasak terlalu lama dapat menyebabkan daging menjadi keras. Cara terbaik memasak cumi-cumi adalah hingga warna dagingnya menjadi buram dan mulai menggulung. Jika dilunakkan dan dimasak dengan benar, cumi-cumi akan memiliki tekstur empuk dan sedikit padat yang nikmat untuk dimakan.

 

Baca juga: Rasakan Kenikmatan Sambal Balado








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp