5 Sambal yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

By. Dewi S. - 17 Apr 2024

Bagikan:
img

anekaniaga.id - Bagi kamu pecinta pedas pasti sudah tidak asing lagi dong dengan sambal. Yap, tanpa ditemani sambal mungkin makanan yang kamu makan akan terasa kurang lengkap. Bahkan ada orang yang selera makannya berkurang karena tidak ditemani sambal saat makan, lho. Nah, apa saja sih jenis sambal di Indonesia yang bisa buat kamu ketagihan saat makan ? Berikut ini beberapa jenis sambal yang buat kamu ketagihan.

 

Baca juga: Resep Cumi Asam Manis yang Menggugah Selera

 

1. Sambal Terasi

Sambal terasi meruapakan sambal yang sudah tidak asing lagi bagi penikmat sambal. Rasa dan aroma yang khas menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan dari sambal lainnya. Selain itu, sambal terasi juga sangat cocok disandingkan berbagai jenis makanan.

2. Sambal Bajak

Sambal bajak merupakan sambal yang cukup dikenal oleh masyarakat. Sambal bajak menambahkan daun salam yang membuat rasa sambal ini lebih segar. Nah, sambal bajak ini sangat cocok jika disandingkan dengan ayam goreng maupun ikan bakar.

3. Sambal Bawang

Jenis sambal berikutnya yaitu sambal bawang. Sambal bawang merupakan jenis sambal yang menambahkan bawang untuk memperoleh cita rasa yang khas dari sambal ini. Sambal bawang sangat cocok jika disandingkan dengan berbagai jenis makanan seperti ayam goreng/bakar, ikan goreng/ bakar, tempe, tahu, dan sebagainya.

 

Baca juga: Resep Sambal Cumi yang Pedasnya Nendang

 

4. Sambal Matah

Jenis sambal berikutnya yaitu sambal matah. Sambal matah merupakan jenis sambal yang berasal dari Bali.

Pembuatan sambal matah berbeda dengan jenis sambal lainnya. Sambal matah ini dibuat dengan bahan yang tidak di masak terlebih dahulu. Sambal matah memiliki cita rasa yang nikmat dan segar. Sambal matah ini sangat cocok disandingkan dengan ikan bakar, ayam goreng, dan lauk lainnya.

5. Sambal Mangga

Jenis sambal selanjutnya yaitu sambal mangga. Sambal mangga memiliki rasa pedas dan asam yang membuat jenis sambal ini memiliki ciri khas tersendiri. Jika ingin membuat sambal mangga di rumah lebih baik kamu menggunakan mangga yang masih belum terlalu matang. Itulah artikel mengenai jenis-jenis sambal yang buat kamu ketagihan. Semoga bermanfaat, mencerahkan, dan menginspirasi ya sob.

 

Baca juga: Rasakan Kenikmatan Sambal Balado








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp